Header Ads

Terkait Pendaftaran Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu Program Pascasarjana. Pada tahun 2015 UT menyelenggarakan 34 program studi yang terdiri dari 28 Program Sarjana Non Pendas (25 Program Sarjana dan 3 Program Diploma), 2 Program Sarjana Pendas, dan 4 Program Magister.

  1. VISIPada tahun 2021, UT menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ.
  1. MISIMisi UT adalah sebagai berikut.
    1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
    2. Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ.
    3. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.
  1. TUJUANUntuk mencapai Visi dan menjalankan Misi, Tujuan penyelenggaraan UT dirumuskan sebagai berikut.
    1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ.
    2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan/atau profesional yang mampu bersaing secara global.
    3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan berkelanjutan guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
    4. Menghasilkan produk-produk akademik dalam bidang PJJ, khususnya PTTJJ, dan bidang keilmuan lainnya.
    5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengembangan sistem PJJ, khususnya PTTJJ.
    6. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.
    7. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui pelayanan pendidikan tinggi secara luas dan merata.
    8. Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerja sama melalui kemitraan pendidikan pada tingkat lokal, nasional, dan global.
  1. SISTEM PEMBELAJARANUT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat) untuk Program Sarjana dan Diploma.
    1. Cara BelajarMahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan bahan bacaan lain diperpustakaan mengikuti tutorial, baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi; serta memanfaatkan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.
      Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efektif, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.
    2. Sistem Kredit SemesterUT seperti halnya perguruan tinggi yang lain, menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa. Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.
      Dalam pendidikan tinggi tatap muka, mahasiswa yang mengambil beban studi satu sks harus mengikuti perkuliahan selama satu jam per minggu di kelas dan satu jam untuk praktek, praktikum, atau belajar di rumah, sehingga dalam satu semester mahasiswa harus mengalokasikan waktu belajar sekitar 32 jam. Untuk menempuh mata kuliah yang berbobot 3 sks dibutuhkan waktu belajar sekitar 96 jam per semester.
      Dalam sistem pendidikan jarak jauh, mahasiswa juga harus mengalokasikan waktu yang sama dengan mahasiswa tatap muka (2 jam per minggu per sks). Hanya saja kegiatan belajarnya lebih banyak dilakukan secara mandiri (belajar sendiri, belajar berkelompok, atau tutorial).
      Khusus untuk UT, satu sks disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri dari 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman, tergantung pada jenis mata kuliahnya. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca dan memahami rata-rata mahasiswa adalah 5-6 halaman per jam sehingga untuk membaca dan memahami bahan ajar dengan bobot 3 sks diperlukan waktu sekitar 75 jam (360-450 halaman dibagi 5-6 halaman). Apabila satu semester mempunyai waktu 16 minggu, maka waktu yang diperlukan untuk membaca dan memahami bahan ajar dengan bobot 3 sks adalah 75 jam dibagi 16 minggu, atau kurang lebih 5 jam per minggu. Misalnya, mahasiswa mengambil 15 sks/semester, maka yang bersangkutan harus mengalokasikan waktu belajar sebanyak 15 sks dibagi 3 sks kali 5 jam = 25 jam per minggu atau kira-kira 5 jam per hari (1 minggu dihitung 5 hari belajar).
      Dengan sistem belajar seperti ini mahasiswa UT diharapkan mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan beban sks yang diambil, atau mengambil beban sks setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapat dialokasikan, serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing
  1. JARINGAN KERJASAMADalam rangka menyelenggarakan layanan pendidikan secara optimal kepada peserta didik, UT bekerja sama dengan instansi lain seperti Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, TV-Edukasi, Sky LBS TV, Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD), Radio Siaran Swasta, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Konsulat Jenderal/KBRI, Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Daerah, Arsip Nasional, Koperasi Karunika, Garuda Indonesia, dan PT Pos Indonesia.
    Disamping itu, UT juga bekerja sama dengan instansi-instansi lain yang bermaksud meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai program yang ditawarkan UT, seperti ANRI, BKN, Bank Danamon, Pemerintah Kota/Kabupaten, Pondok Pesantren, Kowani, dan POLRI.
     

UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yang diberi istilah Program Non-Pendas dan Program Pendas. Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum kecuali program Non-Pendas FKIP. Program Non-Pendas FKIP hanya dapat diikuti oleh mereka yang sudah bekerja sebagai guru. Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus bagi para guru SD dan guru PAUD. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

Persyaratan Calon Mahasiswa
Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah SMA atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa harus melampirkan persyaratan umum sebagai berikut.
  1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
    1. Legalisasi ijazah SMA atau yang sederajat oleh sekolah asal yang bersangkutan atau Dinas Pendidikan Kab/Kota sekolah asal bagi sekolah yang telah ditutup.
    2. Legalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh perguruan tinggi asal.
    3. Legalisasi ijazah untuk calon mahasiswa yang berstatus CPNS/PNS dapat dilakukan oleh Kepala Bagian Kepegawaian instansi tempat bekerja.
    4. Selain persyaratan di atas, masing-masing program studi juga mempunyai persyaratan khusus yang dapat dilihat pada Bab Kurikulum.
  2. Foto langsung di UPBJJ-UT atau menyerahkan pas foto ukuran 3 × 4 atau softcopy pas foto (bukan hasil scan) dengan kriteria W=358 pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch ke UPBJJ-UT.
Cara Melakukan Registrasi Pertama

Registrasi secara offline:
Dalam melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa hendaknya mengikuti prosedur berikut.
  1. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa F1E dengan lengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian formulir data pribadi mahasiswa.
    1. Mahasiswa mengisi alamat individu (alamat rumah atau alamat tempat bekerja) yang dapat dijangkau oleh jasa pos.
    2. Tempat dan tanggal lahir harus diisi sesuai dengan surat akta kelahiran atau identitas lainnya, seperti SK Pengangkatan PNS dan ijazah.
    • Mahasiswa mengisi kode dan nama program studi sesuai dengan pilihan.
  2. Menentukan mata kuliah semester satu.
    1. Mahasiswa Program SIPAS meregistrasi mata kuliah semester 1 (Paket 1).
    2. Mahasiswa Non SIPAS harus memilih mata kuliah yang akan diambil pada semester 1 dengan maksimal 24 sks.
    • Mahasiswa disarankan mengikuti paket SIPAS.
  3. Menyerahkan berkas registrasi yang telah diisi dan dilengkapi persyaratannya ke UPBJJ-UT setempat paling lambat satu minggu sebelum batas akhir penerbitan LIP Registrasi Pertama. Persyaratan tersebut terdiri dari:
    1. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi.
    2. Khusus untuk calon mahasiswa FKIP:
      1. guru PNS/CPNS atau non PNS, fotokopi SK pengangkatan diterbitkan oleh Pemerintah/Pemerintah Daerah, dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang; atau
      2. guru non PNS, fotokopi SK pengangkatan diterbitkan oleh Ketua Yayasan Penyelenggara Satuan Pendidikan yang berbadan hukum, dilegalisasi oleh Ketua Yayasan; atau
      3. guru non PNS yang memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dapat melampirkan fotokopi NUPTK yang dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang.
  4. Menerima Lembar Data Pribadi (LDP) dari UPBJJ-UT dan segera memeriksa kebenaran data. Bila ada kesalahan segera mengajukan perbaikan agar tidak terkendala pada pelaksanaan ujian akhir semester.
  5. Menerima bukti registrasi berupa LIP Registrasi yang mencantumkan beberapa hal.
    1. Nomor Billing 20 digit terdiri dari 5 digit pertama menunjukkan masa registrasi berjalan, 9 digit berikutnya menunjukkan NIM mahasiswa dan 6 digit berikutnya kode jenis pembayaran.
    2. Mata kuliah yang diregistrasi.
    3. Jumlah biaya pendidikan yang harus dibayar.
    4. Tanggal batas pembayaran.
  6. Memeriksa kebenaran data LIP Registrasi. Jika terdapat ketidaksesuaian data, segera kembalikan LIP Registrasi tersebut ke UPBJJ-UT untuk diperbaiki. Apabila LIP Registrasi sudah benar, segera lakukan pembayaran ke bank. Contoh LIP Registrasi dapat dilihat pada Lampiran 24 sampai dengan 27.
  7. Membayar biaya pendidikan dengan cara:
    1. datang langsung ke Bank BRI/BTN/Mandiri dengan membawa LIP Registrasi,
    2. membayar melalui ATM Bank BRI/BTN/Mandiri (Lihat Lampiran 28, 29, dan 30), atau melalui internet/sms banking Bank Mandiri; atau
    3. membayar di UPBJJ-UT dengan menggunakan kartu debit Bank BRI melalui Electronic Data Capture (EDC).
    • Lakukan pembayaran biaya pendidikan sesegera mungkin, untuk menghindari antrian panjang di bank.
    • Keterlambatan pembayaran biaya pendidikan di bank berakibat batal registrasi.
    • Mata kuliah yang telah diregistrasi dan sudah dibayar tidak dapat diganti dengan mata kuliah lain
    Mengikuti prosedur pembuatan Kartu Mahasiswa elektronik (KTM-e). KTM-e merupakan kartu mahasiswa yang selain berfungsi sebagai kartu juga dapat difungsikan sebagai ATM setelah dilakukan aktivasi oleh mahasiswa ke salah satu Bank yang bekerjasama dengan UT (Bank BRI atau Bank Mandiri atau Bank BTN)
  8. Penerapan KTM-e secara bertahap mulai 2013.1 untuk mahasiswa baru. Ada empat pilihan KTM-e yang dapat dipilih oleh mahasiswa yaitu KTM-e berlogo Bank BRI, KTM-e berlogo Bank Mandiri, KTM-e berlogo BTN, dan KTM-e tanpa logo Bank. Biaya pembuatan KTM-e bagi mahasiswa baru sudah termasuk dalam uang kuliah tunggal (UKT). Sementara bagi mahasiswa lama yang ingin memperoleh KTM-e wajib membayar biaya penggantian KTM yaitu sebesar Rp.50.000,00 dan menyerahkan KTM lama. Adapun cara mahasiswa memperoleh KTM-e adalah dengan cara:
    1. foto langsung di UPBJJ-UT tempat mahasiswa registrasi.
    2. bagi mahasiswa yang tidak sempat foto langsung di UPBJJ-UT dapat mengirimkan:
      • Softcopy pas foto file asli (bukan hasil scan dari cetakan pas foto) dengan kriteria pas foto warna KTM-e yang telah ditetapkan oleh UT, atau
      • Pas Foto (tercetak) dengan kriteria yaitu: ukuran foto 3 × 4 cm (W=358 pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch)
      • Softcopy dan pas foto yang dikirim mahasiswa harus diberi identitas (nama,tanggal lahir, dan NIM). KTM-e mahasiswa tidak akan diproses apabila foto yang dikirim tidak diberi identitas dan tidak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh UT.
    Ketentuan pas foto berwarna untuk KTM-e sebagai berikut.
    1. Profile pas foto
      • Wajah terlihat jelas dan menghadap ke depan
      • Tidak memakai kacamata
      • Untuk laki-laki tidak memakai penutup kepala
      • Tidak memakai penutup wajah/cadar
      • Boleh memakai jas/blazer
    2. Ukuran foto 3 × 4 cm (W=358 pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch)
    3. Warna latar (background) foto: putih
    4. Warna/corak baju pada saat difoto
      • Warna selain putih
      • Baju tidak bercorak (polos)
    5. Untuk laki-laki, harus menggunakan dasi panjang (bukan dasi Kupu-kupu)
    6. Penggunaan kerudung bagi mahasiswa wanita
      • Warna selain putih
      • Kerudung tidak bercorak (polos)
  9. Menerima kartu mahasiswa sebagai bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa UT yang telah disahkan oleh UPBJJ-UT setelah melakukan pembayaran.
Registrasi secara online:
Registrasi dapat dilakukan secara online. Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada situs UT.

Kartu Mahasiswa
Kartu Mahasiswa merupakan kartu identitas mahasiswa UT. Kartu Mahasiswa wajib dibawa pada saat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) dan pada saat ujian. Pada kartu mahasiswa tercantum:
  1. Nomor Induk Mahasiswa (NIM);
  2. Nama Mahasiswa;
  3. Tanggal Lahir;
  4. Foto.
Tanda tangan mahasiswa pada kartu mahasiswa harus sesuai tanda tangan pada dokumen formal lainnya (KTP/SIM/Ijazah).

Mahasiswa UT tidak dibenarkan memiliki lebih dari satu NIM atau memiliki lebih dari satu kartu mahasiswa.

Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik. Rincian biaya pendidikan di UT disajikan pada tabel berikut.

1. Program Non Pendidikan Dasar (Pendas/Reguler)
No.Jenis TarifSatuanKomponen Layanan
I.Uang Kuliah Program Diploma dan Sarjana Bagi Mahasiswa di dalam Negeri
A.Sistem Paket Semester (SIPAS) Plus 1) 2)
a.Uang KuliahRp2.400.000,00/ semesterOrientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar, Tutorial Tatap Muka (TTM)/ praktik/ praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), pelatihan pengembangan diri, Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), publikasi Karya Ilmiah (Karil), wisuda/ Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)/ Pengambilan Ijazah (PI)
b.Registrasi Ujian Ulang/ TAP Ulang/ Praktikum Ulang/ Praktik UlangSesuai dengan tarif per program studi
c.Registrasi KarilRp200.000,00Bagi mahasiswa yang ulang TAP dan meregistrasi karil
B.Sistem Paket Semester (SIPAS) Penuh 1) 3)
a.Uang Kuliah Program D-II Perpustakaan dan D-IV KearsipanRp2.200.000,00/ semesterOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar, TTM/ praktik seluruh mata kuliah paket, Tuton, UAS, wisuda/ UPI/ PI
b.Uang Kuliah Program SarjanaRp2.200.000,00/ semesterOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar, TTM/ praktik/ praktikum seluruh mata kuliah paket, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
c.Registrasi Ujian Ulang/ TAP Ulang/ Praktikum Ulang/ Praktik UlangSesuai dengan tarif per program studi
d.Registrasi KarilRp200.000,00Bagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
C.Sistem Paket Semester (SIPAS) Semi 1)
1.Program Studi D-II Perpustakaan dan D-IV Kearsipan
a.Uang KuliahRp1.600.000,00/ semesterOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar, TTM/ praktik wajib maksimal 3 mata kuliah paket, Tuton, UAS, wisuda/ UPI/ PI
b.Registrasi Ujian UlangRp38.000,00/ sks
c.Registrasi Praktik UlangRp450.000,00/ mata kuliah
d.Registrasi TAP ulang khusus D-IV KearsipanRp38.000,00/ sksTidak ada karil
2.Program Sarjana
a.Uang KuliahRp1.750.000,00/ semesterOSMB, layanana administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar, TTM/ praktik/ praktikum wajib, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b.Registrasi Ujian Ulang/ TAP Ulang/ Praktikum Ulang/ Praktik UlangSesuai dengan tarif per program studi
e.Registrasi KarilRp200.000,00Bagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
D.SIPAS Non TTM
1.Program Diploma
a.Uang KuliahRp1.150.000,00/ semesterOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar, Tuton, praktik/ praktikum, UAS, wisuda/ UPI/ PI
b.Registrasi Ujian Ulang/ Praktikum Ulang/ Praktik UlangSesuai dengan tarif per program studi
2.Program Sarjana
a. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
1)Uang KuliahRp1.750.000,00/ semesterOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar, Tuton, Studio, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
2)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp54.000,00/ sks
3)Registrasi Studio UlangRp1.500.000,00/ mata kuliah
4)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
b.Program Sarjana Lainnya
1)Uang KuliahRp1.300.000,00/ semesterOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar, praktik/ praktikum, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
2)Registrasi Ujian Ulang/ TAP Ulang/ Praktikum Ulang/ Praktik Ulang/ Karil UlangSesuai dengan tarif per program studi
3)Registrasi KarilRp200.000,00/ sksBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
E.Non Sistem Paket Semester (NON SIPAS)
1.Program Diploma
a.Program Studi D-III Perpajakan
1)Uang KuliahRp35.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, wisuda/ UPI/ PI
2)Registrasi Ujian UlangRp35.000,00/ sks
b.Program Studi D-II Perpustakaan
1)Uang KuliahRp38.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktik, UAS, wisuda/ UPI/ PI
2)Registrasi Ujian UlangRp38.000,00/ sks
3)Registrasi Praktik UlangRp450.000,00/ mata kuliah
2.Program Sarjana
a.FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
1) Program Studi Matematika
a)Uang KuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
2) Program Studi Statistika
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah ,wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
3)Program Studi Biologi
a)Uang kuliahRp50.000,00/sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktikum UlangRp700.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp50.000,00/ sks
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
4) Program Studi Agribisnis
a)Uang kuliahRp50.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktikum UlangRp50.000,00/ sks mata kuliah praktik mandiri
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp50.000,00/ sks
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
5)Program Studi Teknologi Pangan
a)Uang kuliahRp50.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alihk redit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktikum UlangRp700.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp50.000,00/ sks
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
6) Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota 4)
a)Uang kuliahRp54.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, studio, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/TAP UlangRp54.000,00/ sks
c)Registrasi Studio UlangRp1.500.000,00/ mata kuliah
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
b.Fakultas Ekonomi
1)Program Studi Ekonomi Pembangunan (termasuk Program Studi Ekonomi Pembangunan bidang minat Ekonomi dan Perbankan Syariah)
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
2)Program Studi Manajemen (termasuk Program Studi Manajemen bidang minat Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah)
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
3)Program Studi Akuntansi
a)Uang kuliahRp38.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp38.000,00/ sks
c)Registrasi Praktikum UlangRp190.000,00/ mata kuliah
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
4)Program Studi Akuntansi bidang minat Akuntansi Sektor Publik
a)Uang kuliahRp40.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp40.000,00/ sks
c)Registrasi Praktikum UlangRp190.000,00/ mata kuliah
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
c.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
1)Program Studi Ilmu Administrasi Negara
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
2)Program Studi Ilmu Administrasi Negara Bidang Minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian
a)Uang kuliahRp38.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktik, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktik UlangRp450.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp38.000,00/ sks
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
3)Program Studi Ilmu Administrasi Niaga
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
4)Program Studi Ilmu Pemerintahan
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
5)Program Studi Ilmu Komunikasi
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
6)Program Studi Sosiologi
a)Uang kuliahRp36.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp36.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
7)Program Studi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah
a)Uang kuliahRp41.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp41.000,00/ sks
c)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
8)Program Studi Ilmu Perpustakaan
a)Uang kuliahRp38.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktik, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktik UlangRp450.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp38.000,00/sks
d)Registrasi Karya Ilmiah UlangRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
9)Program Studi Ilmu Hukum
a)Uang kuliahRp40.000,00/sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton,praktik, UAS, TAP, publikasi karya ilmiah, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktik UlangRp450.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp40.000,00/sks
d)Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
d.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
1)Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
a)Uang kuliahRp41.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, PKM, PKP, UAS (termasuk ujian lisan), TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp41.000,00/ sks
c)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
2)Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
a)Uang kuliahRp41.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, PKM, PKP, UAS (termasuk ujian lisan), TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp41.000,00/ sks
c)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
3)Program Studi Pendidikan Matematika
a)Uang kuliahRp41.000,00/sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, PKM, PKP, UAS, TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp41.000,00/ sks
c)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
4)Program Studi Pendidikan Biologi
a)Uang kuliahRp55.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, PKM, PKP, UAS, TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktikum UlangRp1.000.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp55.000,00/ sks
d)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
5) Program Studi Pendidikan Fisika
a)Uang kuliahRp55.000,00/sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, PKM, PKP, UAS, TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Praktikum UlangRp1.000.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp55.000,00/ sks
d)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
6)Program Studi Pendidikan Kimia
a)Uang kuliahRp55.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, praktikum, PKM, PKP, UAS, TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
Registrasi Praktikum UlangRp1.000.000,00/ mata kuliah
c)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp55.000,00/ sks
d)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
7)Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
a)Uang kuliahRp41.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, PKM, PKP, UAS, TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp41.000,00/ sks
c)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
8)Program Studi Pendidikan Ekonomi
a)Uang kuliahRp41.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, PKM, PKP, UAS, TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
b)Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp41.000,00/ sks
c)Registrasi PKM/ PKP UlangRp700.000,00/ mata kuliahBiaya registrasi PKP ulang sudah termasuk biaya Registrasi Karil
II.Uang Kuliah Program Sarjana dan Diploma Bagi Mahasiswa yang Berdomisili di Luar Negeri
A.SIPAS Semi Program Sarjana
1.Uang KuliahRp1.750.000,00/ semesterOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar (tidak termasuk ongkos kirim), TTM/ Tuweb wajib 3 mata kuliah, Tuton, UAS, TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
2.Registrasi ujian ulang/ TAP Ulang/ Karil UlangSesuai tarif per negarab)
3.Registrasi KarilRp200.000,00/ sksBagi mahasiswa Program Sarjana yang meregistrasi karil karena meng ulang TAP
B.Non SIPAS Program Diploma dan Sarjana untuk Mahasiswa di Arab Saudi
1.Uang KuliahRp51.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS (tidak termasuk sewa tempat ujian dan biaya perjalanan PJTU/ petugas monitoring), TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
2.Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp51.000,00/ sks
3.Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa Program Sarjana yang meregistrasi karil karena meng ulang TAP
C.Non SIPAS Program Diploma dan Sarjana untuk Mahasiswa di Singapura dan Malaysia
1.Uang KuliahRp41.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS (termasuk biaya perjalanan PJTU/ petugas monitoring jika peserta per tempat ujian minimal 100 mahasiswa, tidak termasuk sewa tempat ujian), TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
2.Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp41.000,00/ sks
3.Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa Program Sarjana yang meregistrasi karil karena mengulang TAP
D.Non SIPAS Program Diploma dan Sarjana untuk Mahasiswa di Negara Lainnya
a.Uang KuliahRp120.000,00/ sksOSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital pada ruang baca virtual, Tuton, UAS (tidak termasuk sewa tempat ujian),TAP, publikasi Karil, wisuda/ UPI/ PI
b.Registrasi Ujian Ulang/ TAP UlangRp120.000,00/ sks
c.Registrasi KarilRp200.000,00/ semesterBagi mahasiswa Program Sarjana yang meregistrasi karil karena meng ulang TAP
III.Tarif Lainnya
A.Penggantian Kartu MahasiswaRp50.000,00/ kartu
B.TTM Atpem 5)Rp150.000,00/ mata kuliah/ peserta
C.Ujian OnlineRp40.000,00/ mata kuliah
Keterangan:
  1. Jumlah peserta SIPAS Plus, Penuh, dan Semi minimal 25 mahasiswa per kelas.
  2. SIPAS Plus hanya ditawarkan untuk mahasiswa bidikmisi.
  3. SIPAS Penuh hanya ditawarkan untuk mahasiswa program kerjasama.
  4. Khusus program studi PWKL hanya ditawarkan dengan SIPAS Non TTM.
  5. Jumlah peserta TTM Atpem minimal 20 mahasiswa per kelas.
 Biaya pendidikan yang tercantum di atas berlaku bagi mahasiswa dalam masa studi (lama) dan mahasiswa baru

Tarif Layanan Legalisasi Ijazah (berdasarkan SK Rektor UT Nomor 2440/UN31/KEP/2015)

 NomorProgram Studi Pada FakultasBiaya/PaketPaket
1.FEKON, FMIPA, FISIP, dan PPsRp. 50.000,007 Lembar Salinan Ijazah,
7 set Salinan  Transkrip 
2.FKIPRp. 50.000,005 Lembar Salinan Ijazah,
5 set Salinan Transkrip, dan
5 Lembar Salinan Akta Mengajar
Powered by Blogger.